PRESS RELEASE ICSES 2022: The 2nd International Conference on Science Education and Science (ICSES) 2022 Telah Sukses Dilaksanakan

Tema utama konferensi ini adalah “INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN SAINS DAN SAINS TERINTEGRASI EKOWISATA” Konferensi ini dilaksanakan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unram pada tanggal 3-4 November 2022 secara hybrid. Kegiatan konferensi 2nd ICSES 2022 secara offline di laksanakan di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dan secara online melalui zoom meeting. Konferensi 2nd ICSES 2022 melibatkan 10 orang Keynote Speaker dari beberapa negara (Yordania, Taiwan, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Indonesia) dan 17 orang Invited Speakers juga dari beberapa negara dan kota yang berada di Indonesia.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Mataram yang diwakili oleh Wakil Rektor 4 Universitas Mataram (Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D). Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa “Lombok merupakan salah satu dari 5 Lokasi destinasi wisata di Indonesia. Lombok juga merupakan tempat yang paling cocok untuk ekowisata. Ekowisata yang berkelanjutan terdiri dari 3. Yang pertama konservasi, yang kedua komunitas dan yang ketiga pendidikan. Konservasi merupakan komponen ekowisata yang sangat penting karena merupakan solusi berkelanjutan untuk meningkatkan keanekaragaman hayati”.

Konferensi ini untuk mempertemukan akademisi internasional, peneliti dan cendekiawan dan pembuat kebijakan yang bertanggung jawab untuk memberikan, mempromosikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, melalui pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan yang canggih, untuk keunggulan kompetitif keberlanjutan dalam ekowisata integrasi.

Konferensi ini memberikan kesempatan besar bagi calon peserta untuk berbagi pengetahuan teoretis terkini, temuan penelitian dan pengalaman dalam menangani Pendidikan Sains dan Penelitian Sains yang berkelanjutan. Dengan demikian, konferensi ini akan menampilkan presentasi oleh pembicara internasional sesuai dengan topik yang mutakhir.

Lingkup yang tercakup dalam konferensi ini termasuk: Pendidikan Sains, Pendidikan Fisika, Fisika, Instrumentasi dan Energi, Kimia dan Ilmu Material, Biologi dan Biologi Molekuler, Ilmu Pengetahuan Alam, Lingkungan dan Ekologi Manusia, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, STEM, Pendidikan Lingkungan, dan Pendidikan Berkelanjutan.

Kegiatan ICSES ini merupakan rangkaian akhir kegiatan Dies Natalis Pascasarjana yang ke 17 tahun 2022. Dalam rangka Dies Natalis Pascasarjana kali ini fokus pada kegiatan akademik, sebelumnya Pascasarjana Unram pelaksanaan Seminar Nasional baik di Prodi Magister Pertanian Lahan Kering maupun Prodi Magister Administrasi Pendidikan, kata Direktur Pascasarjana Prof. M. Sarjan, M. Agr.CP,.Ph.D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram