Kurikulum

KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA PASCASARJANA UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2022

A. Identitas Program Studi

1. Nama Program Studi: Magister Pendidikan IPA
2. Izin Operasional Dirjen Dikti Kemendikbud RI No. 1698/D/T/2007 tertanggal 10 Juli 2007
3. Izin Perpanjangan Dirjen Dikti Kemendikbud RI No. 2670/D/T/K-N/2010 tertanggal 28 Juni 2010
4. Akreditasi B (2022-2027) berdasarkan SK BAN-PT No.764/SK/BAN-

PT/Ak-PPJ/M/II/2022

5. Gelar Magister Pendidikan (M.Pd)
6. Deskripsi Program Studi Magister Pendidikan IPA merupakan salah satu program studi magister yang diselenggarakan Universitas Mataram bertujuan menghasilkan lulusan yang berakhlaq mulia, terampil, dan peka terhadap permasalahan lingkungan dan sosial-budaya berwawasan ekowisata.

Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram berkompeten pada bidang pembelajaran IPA (pendidik), peneliti pendidikan IPA (peneliti), serta pengembang dan inovator pendidikan IPA.

7. Ekowisata Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.
8. Pendidikan Ekowisata Pendidikan ekowisata didefinisikan sebagai pendidikan karakter pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.
9. Visi Menjadi Program Studi Magister Pendidikan IPA berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025.
10. Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) berbasis riset, berstandar nasional, dan beriputasi internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan IPA berwawasan ekowisata dan memublikasikannya secara nasional dan internasional.
  3. Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri.
11. Tujuan Program Studi MPIPA Unram bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Memiliki karakter dan integritas sebagai individu yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan mampu mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan kepadanya.
  2. Mampu mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai pendidik IPA berlandaskan filosofi inkuiri ilmiah.
  3. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian pendidikan IPA berwawasan ekowisata serta mempublikasikannya secara nasional dan internasional.

B. Landasan Penyusunan Kurikulum

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
  7. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan
  10. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional
  11. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  12. Peraturan Rektor Universitas Mataram Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Akademik Universitas
  13. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun

C. Hasil Evaluasi Kurikulum

Hasil evalusi terhadap Kurikulum Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram Tahun 2016 dapat diketahui sebagai berikut:

1. Kesesuaian visi-misi program studi dengan visi-misi pascasarjana dan Universitas Mataram.

Sejalan dengan visi Universitas Mataram “Menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional tahun 2025”, maka visi Program Studi adalah: “Menjadi Program Studi Magister Pendidikan IPA berbasis riset dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing global pada tahun 2025”. Visi program studi juga sejalan dengan visi Pascasarjana Universitas Mataram, yakni “Visi Pascasarjana Unram adalah terwujudnya Pascasarjana yang berkualitas dan berdaya saing internasional pada tahun 2025”.

Misi Program Studi Magister Pendidikan IPA selaras dengan misi Pascasarjana Universitas Mataram dan misi Universitas Mataram. Terdapat 4 (empat) misi yang diemban program studi yang selaras dengan misi Pascasarjana maupun Universitas Mataram, yaitu: penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan menjalin kerjasama degan pihak luar. Program Studi turut mendukung misi Universitas Mataram dalam penyelenggaraan tata kelola aset, keuangan, dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola universitas yang efektif dan efisien.

2. Kesesuaian kurikulum dengan perkembangan IPTEK terkini

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta implementasinya dalam pembelajaran telah berkembang dengan cepat. Program studi juga memandang pentingnya mengoptimalkan pemanfaatkan potensi yang ada di masyarakat dalam mengembangkan model-model pembelajaran IPA yang sekaligus untuk menjaga kelestarian alam, budaya, dan lingkungan dalam rangka mendukung pariwisata.

Program Studi Magister Pendidikan IPA diarahkan untuk menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) berbasis riset, melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan IPA berwawasan ekowisata, dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian yang dikembangkan.

3. Kesesuaian profil lulusan

Profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA berdasarkan kurikulum tahun 2016 revisi 2018 menekankan pada 3 (tiga) profil lulusan, yakni: (1) pendidik profesional, peneliti unggul, dan penulis karya ilmiah inovatif bidang pendidikan IPA dan IPA. Dalam rangka membekali dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta implementasinya dalam pendidikan dan pembelajaran IPA, maka profil lulusan diarahkan pada penyesuaian pada kondisi yang berkembang. Olehnya itu, profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA diarahkan pada 3 (tiga) keahlian utama, yakni: (1) pendidik IPA, (2) peneliti pendidikan IPA, (3) pengembang dan inovator pendidikan IPA.

4. Kesesuaian capaian pembelajaran lulusan

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA berdasarkan kurikulum tahun 2016 revisi 2018 masih menekankan layanan pendidikan dan pembelajaran bidang IPA yang mendukungnya secara parsial, yakni biologi, fisika, dan kimia. Program studi memandang layanan yang diberikan tidak sesuai dengan nama program studi itu sendiri.

Oleh karena itu capaian pembelajaran lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA harus diarahkan pada layanan pendidikan dan pembelajaran bidang IPA secara terintegrasi dari semua bidang yang mendukungnya. Penekanan capaian pembelajaran lulusan harus mendukung terwujudnya profil lulusan di bidang pendidikan IPA.

5. Kesesuaian mata kuliah yang ditawarkan

Mata kuliah yang ditawarakan Program Studi Magister Pendidikan IPA pada kurikulum tahun 2016 revisi 2018 menyesuaikan dengan capaian pembelajaran lulusan yang berlaku, yakni masih adanya penguatan bidang biologi, fisika, dan kimia. Dalam rangka pencapaian profil lulusan di bidang pendidikan IPA, maka Program Studi perlu menawarkan bahan kajian dan mata kuliah yang berfokus pada pendidikan dan pembelajaran IPA secara integratif.

6. Serapan lulusan pada dunia kerja

Berdasarkan survey yang dilakukan Program Studi, serapan lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA pada dunia kerja dalam 5 (lima) tahun terakhir cukup tinggi. Serapan lulusan pada dunia kerja ini terutama pada bidang pendidikan, baik sebagai guru maupun dosen.

Memperhatikan minat dan serapan lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA yang masih tinggi, Program Studi perlu meningkatkan kualitas pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia kerja.

7. Tuntutan lapangan kerja

Berdasarkan survey yang dilakukan Program Studi, tuntutan lapangan kerja yang dibutuhkan adalah lulusan yang cakap dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran IPA dengan menginntegrasikan TPACK dan memanfaatkan teknologi masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian alam, budaya dan sosial untuk mendukung pariwisata daerah.

D. Profil Lulusan Program Studi

PROFIL DESKRIPSI
Pendidik IPA Mampu membelajarkan IPA melalui proses inkuiri ilmiah dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) dan keterampilan abad ke-21 sesuai kebutuhan peserta didik dalam era revolusi industri 4.0
Peneliti Pendidikan IPA Mampu merancang dan melaksanakan penelitian Pendidikan IPA berwawasan ekowisata yang berorientasi futuristik serta memublikasikan hasilnya secara nasional dan internasional.
Pengembang dan Inovator Pendidikan IPA Mampu mengembangkan teori, konsep, prosedur, dan menghasilkaan karya inovatif yang mendukung perkembangan pendidikan IPA yang bermanfaat bagi masyarakat.

E. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram

Capaian pembelajaran untuk lulusan magister menurut KKNI setara dengan level 8. Deskripsi kualifikasi KKNI Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram untuk level 8 adalah:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan IPA atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan IPA melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang pendidikan IPA dan mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Berikut penjabaran capaian pembelajaran Program Studi menjadi capaian pembelajaran matakuliah:

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Pendidikan IPA Unram

Aspek

Pembelajaran

CPL MPIPA Unram
1. Sikap Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram memiliki sikap sebagai berikut:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Pengetahuan Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram mampu:

  1. menguasai teori pedagogi dan andragogi dalam belajar dan pembelajaran IPA berbasis technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) science, technology, engineering, arts, and matemathics (STEAM) dalam konteks pembelajaran abad ke-21 sesuai kebutuhan peserta didik dalam era revolusi industri 4.0;
  2. menguasai konsep pendidikan IPA dan metode pembelajaran IPA berwawasan ekowisata melalui pembelajaran inkuiri dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat;
  3. menguasai struktur, materi, dan teknik pengembangan kurikulum pendidikan IPA;
  4. menguasai konsep-konsep esensial dalam bidang IPA dan pembelajarannya berwawasan ekowisata;
  5. menguasai berbagai desain model pembelajaran, dan kemampuan dalam mendesain strategi pembelajaran, media, dan alat evaluasi pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum yang berlaku;
  6. menguasai konsep manajemen kepemimpinan dan supervisi akademik dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah kompleks dalam bidang Pendidikan IPA; dan
  7. menguasai metodologi penelitian dalam rangka mengembangkan pendidikan IPA dan riset interdisipliner atau multidisipliner berwawasan ekowisata berdasarkan isu terkini dan mengkomunikasikan hasilnya.
3. Keterampilan Umum Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
 

4. Ketarampilan Khusus

Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. mampu menganalisis manajemen pendidikan IPA dan mengevaluasi implementasi pembelajaran IPA dengan pendekatan pembelajaran aktif, integratif, humanis, kontektual yang memanfaatkan potensi lingkungan dan berwawasan ekowisata; mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran IPA dengan menghasilkan model atau program pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pendidikan;
  2. mampu mengembangkan penelitian pendidikan IPA berwawasan ekowisata dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif yang teruji dan mendapat pengakuan secara nasional maupun internasional; dan
  3. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mengintegrasikan TPACK dan STEAM dalam pembelajaran IPA berwawasan ekowisata.

Informasi lebih lanjut prihal tentang kurikulim terbaru Magister Pendidikan IPA universitas Mataram dapat diunduh pada link berikut: Download Kurikulum MAGIPA

Follow by Email
Instagram