KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA PASCASARJANA UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2022
A. Identitas Program Studi
1. | Nama | Program Studi: Magister Pendidikan IPA |
2. | Izin Operasional | Dirjen Dikti Kemendikbud RI No. 1698/D/T/2007 tertanggal 10 Juli 2007 |
3. | Izin Perpanjangan | Dirjen Dikti Kemendikbud RI No. 2670/D/T/K-N/2010 tertanggal 28 Juni 2010 |
4. | Akreditasi | B (2022-2027) berdasarkan SK BAN-PT No.764/SK/BAN-
PT/Ak-PPJ/M/II/2022 |
5. | Gelar | Magister Pendidikan (M.Pd) |
6. | Deskripsi | Program Studi Magister Pendidikan IPA merupakan salah satu program studi magister yang diselenggarakan Universitas Mataram bertujuan menghasilkan lulusan yang berakhlaq mulia, terampil, dan peka terhadap permasalahan lingkungan dan sosial-budaya berwawasan ekowisata.
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram berkompeten pada bidang pembelajaran IPA (pendidik), peneliti pendidikan IPA (peneliti), serta pengembang dan inovator pendidikan IPA. |
7. | Ekowisata | Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. |
8. | Pendidikan Ekowisata | Pendidikan ekowisata didefinisikan sebagai pendidikan karakter pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. |
9. | Visi | Menjadi Program Studi Magister Pendidikan IPA berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025. |
10. | Misi |
|
11. | Tujuan | Program Studi MPIPA Unram bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:
|
B. Landasan Penyusunan Kurikulum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional
- Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
- Peraturan Rektor Universitas Mataram Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Akademik Universitas
- Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun
C. Hasil Evaluasi Kurikulum
Hasil evalusi terhadap Kurikulum Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram Tahun 2016 dapat diketahui sebagai berikut:
1. Kesesuaian visi-misi program studi dengan visi-misi pascasarjana dan Universitas Mataram.
Sejalan dengan visi Universitas Mataram “Menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional tahun 2025”, maka visi Program Studi adalah: “Menjadi Program Studi Magister Pendidikan IPA berbasis riset dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing global pada tahun 2025”. Visi program studi juga sejalan dengan visi Pascasarjana Universitas Mataram, yakni “Visi Pascasarjana Unram adalah terwujudnya Pascasarjana yang berkualitas dan berdaya saing internasional pada tahun 2025”.
Misi Program Studi Magister Pendidikan IPA selaras dengan misi Pascasarjana Universitas Mataram dan misi Universitas Mataram. Terdapat 4 (empat) misi yang diemban program studi yang selaras dengan misi Pascasarjana maupun Universitas Mataram, yaitu: penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan menjalin kerjasama degan pihak luar. Program Studi turut mendukung misi Universitas Mataram dalam penyelenggaraan tata kelola aset, keuangan, dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola universitas yang efektif dan efisien.
2. Kesesuaian kurikulum dengan perkembangan IPTEK terkini
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta implementasinya dalam pembelajaran telah berkembang dengan cepat. Program studi juga memandang pentingnya mengoptimalkan pemanfaatkan potensi yang ada di masyarakat dalam mengembangkan model-model pembelajaran IPA yang sekaligus untuk menjaga kelestarian alam, budaya, dan lingkungan dalam rangka mendukung pariwisata.
Program Studi Magister Pendidikan IPA diarahkan untuk menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) berbasis riset, melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan IPA berwawasan ekowisata, dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian yang dikembangkan.
3. Kesesuaian profil lulusan
Profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA berdasarkan kurikulum tahun 2016 revisi 2018 menekankan pada 3 (tiga) profil lulusan, yakni: (1) pendidik profesional, peneliti unggul, dan penulis karya ilmiah inovatif bidang pendidikan IPA dan IPA. Dalam rangka membekali dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta implementasinya dalam pendidikan dan pembelajaran IPA, maka profil lulusan diarahkan pada penyesuaian pada kondisi yang berkembang. Olehnya itu, profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA diarahkan pada 3 (tiga) keahlian utama, yakni: (1) pendidik IPA, (2) peneliti pendidikan IPA, (3) pengembang dan inovator pendidikan IPA.
4. Kesesuaian capaian pembelajaran lulusan
Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA berdasarkan kurikulum tahun 2016 revisi 2018 masih menekankan layanan pendidikan dan pembelajaran bidang IPA yang mendukungnya secara parsial, yakni biologi, fisika, dan kimia. Program studi memandang layanan yang diberikan tidak sesuai dengan nama program studi itu sendiri.
Oleh karena itu capaian pembelajaran lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA harus diarahkan pada layanan pendidikan dan pembelajaran bidang IPA secara terintegrasi dari semua bidang yang mendukungnya. Penekanan capaian pembelajaran lulusan harus mendukung terwujudnya profil lulusan di bidang pendidikan IPA.
5. Kesesuaian mata kuliah yang ditawarkan
Mata kuliah yang ditawarakan Program Studi Magister Pendidikan IPA pada kurikulum tahun 2016 revisi 2018 menyesuaikan dengan capaian pembelajaran lulusan yang berlaku, yakni masih adanya penguatan bidang biologi, fisika, dan kimia. Dalam rangka pencapaian profil lulusan di bidang pendidikan IPA, maka Program Studi perlu menawarkan bahan kajian dan mata kuliah yang berfokus pada pendidikan dan pembelajaran IPA secara integratif.
6. Serapan lulusan pada dunia kerja
Berdasarkan survey yang dilakukan Program Studi, serapan lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA pada dunia kerja dalam 5 (lima) tahun terakhir cukup tinggi. Serapan lulusan pada dunia kerja ini terutama pada bidang pendidikan, baik sebagai guru maupun dosen.
Memperhatikan minat dan serapan lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA yang masih tinggi, Program Studi perlu meningkatkan kualitas pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia kerja.
7. Tuntutan lapangan kerja
Berdasarkan survey yang dilakukan Program Studi, tuntutan lapangan kerja yang dibutuhkan adalah lulusan yang cakap dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran IPA dengan menginntegrasikan TPACK dan memanfaatkan teknologi masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian alam, budaya dan sosial untuk mendukung pariwisata daerah.
D. Profil Lulusan Program Studi
PROFIL | DESKRIPSI |
Pendidik IPA | Mampu membelajarkan IPA melalui proses inkuiri ilmiah dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) dan keterampilan abad ke-21 sesuai kebutuhan peserta didik dalam era revolusi industri 4.0 |
Peneliti Pendidikan IPA | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian Pendidikan IPA berwawasan ekowisata yang berorientasi futuristik serta memublikasikan hasilnya secara nasional dan internasional. |
Pengembang dan Inovator Pendidikan IPA | Mampu mengembangkan teori, konsep, prosedur, dan menghasilkaan karya inovatif yang mendukung perkembangan pendidikan IPA yang bermanfaat bagi masyarakat. |
E. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram
Capaian pembelajaran untuk lulusan magister menurut KKNI setara dengan level 8. Deskripsi kualifikasi KKNI Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram untuk level 8 adalah:
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan IPA atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan IPA melalui pendekatan inter atau multidisipliner
- Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang pendidikan IPA dan mendapat pengakuan nasional maupun internasional
Berikut penjabaran capaian pembelajaran Program Studi menjadi capaian pembelajaran matakuliah:
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Pendidikan IPA Unram
Aspek
Pembelajaran |
CPL MPIPA Unram |
1. Sikap | Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram memiliki sikap sebagai berikut:
|
2. Pengetahuan | Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram mampu:
|
3. Keterampilan Umum | Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
|
4. Ketarampilan Khusus |
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
|
Informasi lebih lanjut prihal tentang kurikulim terbaru Magister Pendidikan IPA universitas Mataram dapat diunduh pada link berikut: Download Kurikulum MAGIPA