Sejarah Perkembangan Program Studi Magister Pendidikan IPA

Perkembangan IPTEKS dan dinamika masyarakat di era globalisasi dan informasi dewasa ini membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi di tingkat lokal, Nasional, dan Internasional, untuk itu, Program Pascasarjana Universitas Mataram merintis pembukaan Program Studi Magister Pendidikan IPA (PSMPIPA). Program studi ini memberi peluang kepada lulusan S1 pada bidang IPA dan Pendidikan IPA untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Ijin Oprerasional diperoleh dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputusan Nomor 1698/D/T2007 tertanggal 10 Juli 2007 tentang penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Sains (PSMPS). PSMPS mulai menerima mahasiswa baru angkatan pertama tahun akademik 2007/2008. Perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram Nomor 2670/D/T/K-N/2010 pada tanggal 28 Juni 2010. Bersamaan dengan keluarnya surat perpanjangan ijin penyelenggaraan terdapat perubahan nama dari Program Studi Magister Pendidikan Sains menjadi Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram. Hasil Akreditasi program studi diperoleh dari BAN PT dengan nilai B yang berlaku dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2017 sesuai dengan SK BAN-PT No. 005/BAN-PT/Ak-X/S2/VI/2012 . Hasil akreditasi yang berikutnya diperoleh dari BAN-PT dengan nilai B yang berlaku dari Tahun 2017 sampai dengan Tahun 2022 sesuai SK BAN-PT No. 0361/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017. Hasil akreditasi selanjutnya diperoleh dari BAN-PT dengan nilai B yang berlaku dari Tahun 2022 sampai dengan Tahun 2027 sesuai SK BAN-PT No: 14150/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/II/2022.

Program Studi magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram mempunyai tenaga pengajar dengan kualifikasi Profesor dan Doktor yang memiliki berbagai prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Beberapa lulusan Program Studi Magister pendidikan IPA mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 di dalam maupun luar negeri dan beberapa diantaranya telah menjadi dosen di PTN maupun PTS terkemuka serta menduduki jabatan penting pada instansi masing-masing.

1 thought on “Sejarah Perkembangan Program Studi Magister Pendidikan IPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram